Beranda » pendidikan » PAYAKUMBUH BARAT PUNYA PONDOK AL-QURAN
suwandel

PAYAKUMBUH BARAT PUNYA PONDOK AL-QURAN

Payakumbuh,intas Fakta-Kecamatan Payakumbuh Barat punya Pondok Alqur’an (PA). Kegiatan belajar dan mengajar di PA tersebut, untuk sementara berlangsung di aula kantor camat setempat di Kelurahan Tanjung Pauh. Tercatat 120 pelajar dari berbagai TPA/TPSA di Payakumbuh Barat, menjalani pendidikan dan latihan di PA, setiap hari Minggu. Kegiatan dijadwalkan berlangsung 24 kali pertemuan.

Pertemuan perdana di PA Payakumbuh Barat itu, dibuka Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, Minggu (16/2). Dihadiri, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal, Kepala KUA Endra Yunaldi, kepala kelurahan dan guru TPA, serta para orang tua murid.

Kasi Kesos Kecamatan Payakumbuh Barat, Zainir, melaporkan, ke-120 murid PA, terdiri dari 45 murid yang akan menekuni pendidikan tilawah, mulai dari kategori anak-anak, remaja dan dewasa. Kemudian, 40 pelajar menekuni tartil dasar dan tartil menengah dan tartil umum. Berikutnya, 15 peserta menekuni khutbah Jum’at dan 20 peserta menjalani hafizd atau hafalan Alqur’an.

Ke-120 murid PA Payakumbuh Barat itu, dikatakan, punya peluang untuk ikut serta dalam MTQ tingkat Kota Payakumbuh. Walau begitu, tidak tertutup kemungkinan, bagi pelajar TPA/TPSA lainnya untuk bergabung di PA Payakumbuh Barat, katanya. Dalam pembelajaran nanti, pihak kecamatan juga akan mengundang mantan qori dan qoriah terbaik Sumatera Barat dan tingkat nasional.

Menurut Camat Payakumbuh Barat Nurdal, kegiatan PA dalam upaya meningkatkan ilmu dan kualitas baca Alqur’an bagi anak-anak peserta diklat, agar dalam menghadapi MTQ, Payakumbuh Barat punya peserta yang sudah terlatih.

Wakil Walikota Suwandel Muchtar, dalam sambutannya, memberikan apresiasi, yang tinggi sinegisitas kecamatan dengan KUA Payakumbuh Barat dalam membentuk pondok Alqur’an. Sebuah teroboson positif yang harus mendapat dukungan penuh dari para orang tua dan masyarakat, katanya.

Penilaian wawako, hadirnya PA itu, berarti pemerintahan Payakumbuh Barat, telah mewujudkan visi dan misi pemko, dalam rangka peningkatan imtaq, melahirkan anak-anak yang cerdas, berkepribadian, berakhlak mulia dan cinta Alqur’an.(Zal/Dodi)

Apa tanggapan anda?