5 Tips Membeli Mobil Baru yang Penting Dilakukan

Ketika akan membeli mobil baru, Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari budget, jenis mobil dan lain sebagainya. Dengan melakukan persiapan yang tepat, Anda bukan hanya mendapatkan mobil dengan harga terjangkau namun juga memiliki …

5 Tips Membeli Mobil Baru yang Penting Dilakukan

Ketika akan membeli mobil baru, Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari budget, jenis mobil dan lain sebagainya. Dengan melakukan persiapan yang tepat, Anda bukan hanya mendapatkan mobil dengan harga terjangkau namun juga memiliki mobil dengan kualitas sesuai harapan. Melakukan persiapan dengan baik juga memungkinkan Anda untuk menemukan promo mobil yang menguntungkan. Jadi, Anda perlu mengetahui tips membeli mobil baru sebelum memutuskan melakukan transaksi.

5 Tips Membeli Mobil Baru

Keputusan untuk membeli mobil baru menjadi salah satu keputusan yang cukup besar mengingat harga mobil tidaklah murah. Berikut ini adalah 5 tips membeli mobil baru yang bisa membantu Anda mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terbaik:

 1. Tentukan Anggaran Anda

Tips membeli mobil baru yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu anggaran yang akan digunakan. Pastikan untuk menyiapkan anggaran yang realistis baik itu ketika Anda ingin membeli mobil secara cash atau cicilan. Ketika akan membeli mobil, bukan hanya tentang berapa biaya yang dikeluarkan saat membelinya namun juga pajak, bahan bakar, asuransi, hingga biaya perawatan. Dengan memperhatikan anggaran secara detail, ini akan membantu Anda terhindar dari pembiayaan membebani keuangan di masa depan.

 2. Lakukan Riset Mendalam

Berikutnya Anda juga perlu untuk melakukan riset mendalam mengenai berbagai jenis merek dan model mobil. Ini bisa membantu Anda untuk mengetahui seperti apa kualitas mobil yang akan dibeli. Jangan malas untuk membaca ulasan dari orang yang sudah membeli mobil tersebut agar bisa mengetahui informasi penting seperti konsumsi bahan bakar, keamanan, nilai jual, dan lain sebagainya. Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang mobil  di ketika sudah dimiliki.

 3. Kunjungi Dealer dan Lakukan Test Drive

Tips yang juga tidak kalah penting adalah mengunjungi dealer secara langsung untuk melakukan test drive. Cara ini sangat efektif untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kenyamanan mobil saat digunakan untuk berkendara. Anda bisa mengetahui secara langsung fitur apa yang ada di dalamnya dan berbagai macam hal terkait dengan mobil baru tersebut.

 4. Pertimbangkan Pembiayaan dan Penawaran Khusus

Apabila Anda ingin membeli mobil dengan cara mencicil, pahami suku bunga dan persyaratan yang harus dipenuhi. Anda juga bisa menanyakan tentang adanya cashback, bonus, diskon atau yang lainnya dari dealer agar mendapatkan harga yang lebih hemat.

Semakin banyak informasi yang didapatkan mengenai berbagai penawaran khusus dari dealer tentunya bisa membantu Anda merasa nyaman ketika sudah memiliki mobil tersebut.

 5. Periksa Garansi dan Layanan Purna Jual

Tips yang terakhir adalah memeriksa apakah produsen atau dealer menyediakan garansi untuk kerusakan yang mungkin terjadi setelah pembelian. Jangan lupa juga untuk menanyakan tentang ketersediaan layanan purna jual misalnya jaringan bengkel resmi dan ketersediaan berbagai macam suku cadang.

Biasanya dealer atau produsen menyediakan banyak layanan purna jual misalnya gratis service selama berapa bulan hingga gratis ganti oli selama beberapa kali.

Ketika ingin membeli mobil baru, Anda memang tidak boleh sembarangan karena membutuhkan riset dan pertimbangan yang mendalam. Jangan memaksakan diri untuk membeli mobil di atas anggaran yang dimiliki karena ini bisa membebani keuangan Anda di masa depan. Melakukan riset yang mendalam sebelum pembelian, bisa membantu Anda untuk menemukan mobil terbaik dengan harga yang sesuai.

Jangan ragu untuk mengikuti 5 tips membeli mobil baru di atas agar nantinya Anda mendapatkan mobil nyaman dan mudah perawatannya.

 

Tinggalkan komentar